Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Marketing?

Kata "niche" didefinisikan sebagai: "Area permintaan khusus untuk suatu produk atau layanan." "Pemasaran" didefinisikan sebagai: "Peluang untuk membeli atau menjual." Jika Anda menggabungkan kedua pekerjaan tersebut, pemasaran ceruk berarti membeli atau menjual produk atau layanan di area permintaan khusus. Artinya, produk atau layanan tersebut dijual kepada orang-orang yang paling tertarik dengan produk atau layanan tersebut dan bukan kepada dunia pada umumnya.

Seringkali, perusahaan besar menggunakan pemasaran ceruk. Misalnya, perusahaan yang membuat komputer dan aksesori komputer mungkin mengiklankan mesin fotokopi/printer/pemindai all-in-one untuk pengguna komputer rumahan, sekaligus mengiklankan mesin fungsi tunggal untuk bisnis besar.



Salah satu hal yang membuat pemasaran ceruk begitu menarik bagi pemasar adalah bahwa hal itu dapat memperpanjang anggaran periklanan mereka. Biayanya lebih murah untuk beriklan di ceruk pasar daripada beriklan di pasar yang lebih luas.


Niche marketing harus dirancang untuk memenuhi kebutuhan unik dari audiens target. Pemasar ceruk harus menyesuaikan produk mereka untuk memenuhi kebutuhan unik tersebut. Jika, misalnya, Anda telah merancang produk untuk membuat perawatan pudel cukup mudah dilakukan oleh profesional yang tidak terlatih, mereka yang memiliki pudel akan lebih tertarik dengan produk Anda. Pemilik Blood Hounds atau kucing tidak peduli. 

Jika Anda telah menulis ebook yang akan menjelaskan cara memulai dan berhasil dalam bisnis online, mereka yang mencari informasi tersebut adalah ceruk pasar Anda. Mereka yang senang melakukan apa yang mereka lakukan tidak tertarik sama sekali.

Niche marketing adalah cara yang sangat efektif dan menguntungkan untuk mengiklankan dan menjual produk atau layanan tertentu kepada khalayak tertentu atau diharapkan pembeli produk atau layanan tersebut.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Marketing?"